Thursday, June 11, 2015

Natural Vaginal Birth or C-Section (Lahirin Normal atau Caesar?)

Dari awal hamil sudah banyak yang nanya, wah nanti mau lahirin Normal atau Caesar? Caesar atau Normal? Normal apa Caesar? Balik Balik itu lagi yang di tanya.. hihihi.

Pasti para Mom di luar sana juga sering di ajukan pertanyaan begini.

Jujur saya sendiri masih binggung mau melahirkan Normal atau Caesar, di satu sisi pengen Normal supaya merasakan jadi wanita seutuhnya (hampir-belum nyobain breastfeeding, hihihi) , dan banyak yang bilang kalau lahirin Normal maka proses penyembuhan nya cepat.
Lagian kalau Melahirkan Normal itu rasanya menakjubkan karena bayi dan mama bekerja sama untuk melahirkan si buah hati ke dunia ini.
Bonding dengan si Buah Hati juga lebih ada. dan Biaya melahirkan Normal pastinya lebih murah di banding dengan Caesar.

Tapi kalau lahirin Normal.. takuuuut... Takuuut sakiiit nya... hiiiiks


Kalau Caesar, tidak merasakan sakit, dan masih bisa dandan lagi kalau mau melahirkan, kan sudah tau schedule nya kapan mau Caesar jadi bisa nyempatin ke salon dulu hahahaha,,, jadi foto pertama dengan si buah hati nanti Mom nya tetap tampil menawan,

Minus nya kata orang orang abis ngelahirin sakit dan proses penyembuhan nya lebih lama.
Biaya juga lebih mahal.

Saya sibuk bertanya kesana sini mencari orang2 yang sudah pernah melahirkan. Hampir rata2 dari mereka melahirkan Caesar karena tidak berani Normal, adapun beberapa yang pernah mencoba melahirkan Normal tapi berakhir di Meja Operasi juga karena beberapa faktor (tidak tahan rasa sakit nya) atau faktor2 lain. hiiiiuf.... bikin saya makin galau

Sampai usia kehamilan ke memasuki 8 bulan, Saya juga masih binggung, belum bisa memutuskan 100% mau Normal atau Caesar.  Tapi bisa di bilang 60% dari hati saya, ingin melahirkan dengan Normal. sisa 40% ini Caesar karena faktor ketakutan akan rasa sakit.

Akhirnya saya memutuskan hanya akan bertanya proses melahirkan atau pengalaman dari yang bener2 sudah melahirkan normal. dan Comment dari mereka, sakiit nya minta ampun.. ada yang comment nya tidak sakit apalagi setelah di pakai-in epidural, ga terasa sakit nya.  Ada yang comment sakitnya hanya kayak lagi Mens cuman tingkatan sakit nya lebih tinggi .


Dan setelah beberapa pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk melahirkan Normal, dengan keyakinan : Tuhan memang menciptakan wanita untuk melahirkan secara Normal dan di Zaman dulu belum ada yang namanya Caesar ajah semua orang pada bisa lahirin Normal berarti saya juga bisa melahirkan Normal. PLUS temen saya bilang (ini dia melahirkan normal), "Aduuh.. aku yang begitu kecil letoi lemah gitu ajah bisa melahirkan normal, masa kamu yang backpacking kemana2 ga berani lahirin Normal"
Tertohook rasanya, hahahhaa,... tapi menyadarkan saya ,dan membulatkan keputusan saya untuk melahirkan Normal.

Disisi lain faktor biaya juga sih, hahahha... sayang ajah harus bayar lebih mahal

Kalau Mom2 di luar sana gimana? pertimbangan nya apa untuk melahirkan Normal and Caesar?

Btw di postingan selanjutnya akan saya post mengenai tanda2 saat mau melahirkan yang terjadi pada saya.




No comments:

Post a Comment